☎ 0274-6499870           ☎ 0817367788 (chat only)          📧 puskesmasgamping1@gmail.com

Sahabat Pugasa selamat siang, tetap semangat dan sehat untuk para Bumil…

Salah satu program untuk mendukung penurunan AKI dan AKB yaitu pelayanan ANC Terpadu. Pelayanan antenatal terpadu adalah pelayanan antenatal komprehensif dan berkualitas yang diberikan kepada semua ibu hamil yang bertujuan untuk memenuhi hak setiap ibu hamil memperoleh pelayanan antenatal yang berkualitas sehingga mampu menjalani kehamilan dengan sehat, bersalin dengan selamat dan melahirkan bayi yang sehat dan berkualitas. Setiap tenaga kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah maupun swasta harus dapat memberikan pelayanan yang komprehensif terhadap ibu hamil agar dapat memastikan kehamilan berlangsung normal, mendeteksi dini masalah dan penyakit yang dialami ibu hamil serta melakukan intervensi secara adekuat. Pelayanan tersebut mencakup pelayanan promotif, preventif, sekaligus kuratif dan rehabilitatif yang meliputi pelayanan KIA, gizi, pengendalian penyakit menular (imunisasi, HIV/AIDS, TB, malaria, penyakit menular seksual), tidak menular (hipertensi, diabetes mellitus), ibu hamil yang mengalami kekerasan selama kehamilan serta program spesifik lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) ANC Terpadu di Puskesmas Gamping 1, didasarkan dari Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 97 Tahun 2014, pelayanan ANC Terpadu sesuai standar harus meliputi standar kuantitas dan kualitas. Memenuhi standar kuantitas jika setiap ibu hamil melakukan kunjungan 4 (empat) kali selama periode kehamilan dengan ketentuan satu kali pada trimester pertama, satu kali pada trimester kedua, dan dua kali pada trimester ketiga.

Memenuhi standar kualitas jika setiap ibu hamil dilakukan pemeriksaan yang meliputi 10T yaitu, sebagai berikut:

  1. Timbang berat badan dan ukur tinggi badan
  2. Ukur tekanan darah
  3. Ukur lingkar lengan atas / LILA ( Nilai status gizi )
  4. Ukur tinggi fundus uteri (TFU)
  5. Tentukan presentasi janin dan denyut jantung janin ( DJJ )
  6. Skrining Status Imunisasi Tetanus dan berikan Imunisasi Tetanus Toxoid ( TT ) bila diperlukan.
  7. Pemberian Tablet tambah darah minimal 90 tablet (TTD 90) selama kehamilan
  8. Tes laboratorium: tes kehamilan, Hb, golongan darah, protein urin, HIV dan sifilis serta pemeriksaan HbSAg jika ada indikasi hepatitis, dan BTA jika ada indikasi TB atau kontak erat dengan penderita TB
  9. Tatalaksana / penanganan kasus sesuai dengan kewenangan
  10. Temu wicara ( konseling ): Gizi, Gigi, dan Psikologi

Dalam rangka peningkatan mutu pelayanan kepada pasien pada masa pandemic covid-19, tim Bidan di bidan pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak Puskesmas Gamping 1 berupaya secara optimal untuk melakukan inovasi. Salah satu inovasi yang terbaru yaitu melakukan kegiatan sosialisasi program pelayanan ANC (Antenatal Care) Terpadu sesuai standar pada ibu hamil. Untuk mempermudah sosialisasi, tim membuat inovasi berupa video tentang Alur Pemeriksaan Antenatal Care Terpadu Sesuai Standar Pada Ibu Hamil di Puskesmas Gamping 1. Berikut link video yang ada di youtube Puskesmas Gamping:  https://youtu.be/RaZw8MeEhCw.

Edited By: Bidan Tanti

 

Open Chat
Semangat Pagi
Chat akan di balas pada jam kerja terimaksih