Corona Virus (2019-nCoV) sedang Menjadi Wabah di Dunia

Coronavirus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit ringan sampai berat seperti Common cold atau pilek dan  dapat menyebabkan penyakit mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti Sindrom Pernapasan Timur Tengah (MERS-COV) dan Sindrom Pernapasan Akut Parah (SARS-COV). Sebagaimana Coronavirus bersifat zoonotic yaitu penyakit pada hewan yang dapat menular ke manusia.

Untuk 2019-nCoV masih belum jelas penularannya, diduga dari hewan ke manusia karena ksusu yang muncul di wuhan semua memiliki riwayat kontak dengan pasar hewan Huanan.

Gejala Novel Corona Virus (2019-nCoV)

Adalah demam >38°, batuk, sesak napas  yang membutuhkan perawatan di rumah sakit. Gejala ini dapat bertambah parah jika penderita memiliki komplikasi dengan penyakit lainnya, seperti penyakit paru atau penyakit jantung.

Hingga saat ini Kemenkes belum menemukan sebaran virus corona di Indonesia, namun sebagai langkah antisipasif semua bandara yang memiliki penerbangan langsung dari Cina mengaktifkan thermal scanner, memberikan health alert card dan KIE pada penumpang.

Virus Corona dapat dicegah dengan:

  1. Daya tahan tubuh yang baik
  2. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir
  3. Perilaku hidup bersih dan sehat setiap hari
  4. Memakai masker jika bepergian

Sahabat Pugasa tetap jaga kondisi kesehatan ya, jika ada rencana bepergian ke luar negeri terutama ke daerah yang terinfeksi virus corona bisa diganti dahulu destinasi wisatanya. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Salam sehat. J

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *