KEGIATAN KELOMPOK PROLANIS PUGASA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT GAMPING I

 img_20160720_080226

         Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan merupakan Badan Usaha Milik Negara yang ditugaskan khusus oleh pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan pemeliharaan bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama untuk Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiunan PNS, dan TNI/POLRI, Veteran, Perintis Kemerdekaan, beserta keluarganya dan Badan Usaha lainnya ataupun rakyat biasa.

Salah satu program dari BPJS untuk meningkatkan kesehatan masyarakat adalah kegiatan PROLANIS (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) yang mengelola penyakit-penyakit kronis yang ditemukan di Puskesmas , yaitu 9 penyakit yang sudah ditentukan.

Tujuan diadakannya kegiatan prolanis adalah untuk memantau status kesehatan pasien BPJS, baik umum maupun pasien Prolanis, mengetahui kondisi kesehatan pasien yang jarang melakukan kunjungan ke Puskesmas, meningkatkan kesehatan dan kebugaran pasien BPJS baik yang prolanis maupun yang non prolanis. Selain itu juga memberi fasilitas untuk mempermudah pasien Prolanis dan PRB dalam mendapatkan obat rutin yang sesuai dengan kondisi kesehatannya, dan juga meningkatkan keakraban dan komunikasi antara sesama pasien prolanis maupun non prolanis dan antara pasien dengan tenaga kesehatan Puskesmas Gamping I.

Pusimg_20160720_080249kesmas Gamping I selaku penyedia pelayanan faskes tingkat I telah ikut serta dalam melaksanakan Program Prolanis dengan membentuk paguyuban Prolanis yang diberi nama PUGASA ( singkatan dari Puskesmas Gamping Satu). Kegiatan prolanis yang dilakukan antara lain :

  1. Pemeriksaan dan Pengobatan rutin di puskesmas sesuai dengan panduan klinis di faskes I
  2. Pemeriksaan laboratorium baik oleh petugas puskesmas maupun bekerjasama dengan laboratorium klinik Pramitha
  3. Pembuatan resep obat prolanis dan resep pasien rujuk balik oleh dokter puskesmas untuk 1 bulan yang bekerjasama dengan apotek Mulya Husada Godean
  4. Kunjungan home visit
  5. Senam bagi peserta Prolanis dan peserta BPJS setiap sebulan sekali
  6. Penyuluhan bagi peserta Prolanis

 

img_20160824_082249

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *