Persiapan Pergantian Musim

Musim kemarau belum berakhir namun diprediksi bulan November ini akan turun hujan disekitaran Yogyakarta. Tak ada salahnya untuk bersiap-siap menghadapi musim hujan dengan membersihkan pekarangan rumah, mengkonsumsi makanan bergizi dan istirahat yang cukup.

Kemarau panjang membuat kondisi pemukiman penuh debu, kekeringan dan banyak terjadi kebakaran hutan. Musim hujan jika tidak diwaspadai juga memiliki dampak tertentu seperti banyak genangan air yang bisa dihuni bakteri-bakteri atau nyamuk, terjadi banjir pada sungai yang tersumbat sampah, terjadi longsor pada daerah yang tanahnya sudah kering dan tidak ada pohon penyanggah dan lain sebagainya.

Pada saat terjadi transisi atau masa peralihan musim kemarau ke musim hujan, dapat muncul berbagai  penyakit  tergantung pada tingkat daya tahan tubuh seseorang. Agar dapat menjaga keseimbangan daya tahan tubuh ada baiknya sahabat PUGASA melakukan hal berikut ini:

  1. Mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk menjaga metabolisme tubuh dan memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari
  2. Konsumsi buah dan sayuran, untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan terhindari dari infeksi flu dan gangguan pencernaan. buah seperti apel, jeruk,  apukat, pir, wortel, brokoli dan lainnya.
  3. Menjaga kebersihan lingkungan

jika hujan deras biasanya sampah dari berbagai tempat dapat terbawa arus aliran air dan bisa mengendap disekitaran rumah dan dapat membawa penyakit, untuk itu lingkungan harus selalu dijaga kebersihannya

  • Atasi ancaman serangga

Jumlah serangga seperti nyamuk biasanya cenderung meningkat saat musim hujan, oleh karena itu sediakan penolak serangga seperti menggunakan kelambu, menggunakan lotion nyamuk, tidak menggantung pakaian dan lain sebagainya.

  • Selalu gunakan alas kaki saat keluar rumah untuk menghindari kontak dengan bibit penyakit yang tidak terlihat oleh mata

Tips diatas dapat dimanfaatkan untuk menyambut musim hujan yang akan dating, jaga kesehatan ya sahabat PUGASA agar aktivitas dapat berjalan lancar tanpa kendala

Salam sehat…..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *