Puskesmas Gamping 1 Mendukung Sleman Menjadi Kabupaten Layak Anak

Pemkab Sleman berkomitmen untuk mejadikan Sleman sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) yang pencanangannya dilakukan sejak tahun 2011 yang lalu. Hingga saat ini Pemkab Sleman terus berupaya melakukan optimalisasi program KLA. Sesuai dengan Perda Perlindungan Anak No. 18 tahun 2013 dan disusul Perda Perlindungan Korban Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak No.2 tahun 2017.

Negara, pemerintah, masyarakat, keluarga dan orang tua berkewajiban dan bertanggung jawab terhadap perlindungan dan pemenuhan hak anak sesuai dengan Konvensi Hak Anka PBB tahun 1989. Terjadinya penurunan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di tahun 2017 tetap mendorong untuk semua pihak melakukan tindakan promotive dan preventif karena anak adalah awal mata rantai yang menentukan wujud dan kehidupan suatu bangsa di masa depan.

Puskesmas Gamping 1 pun turut serta menjadi ujung tombak fasilitas kesehatan yang memperhatikan hak anak terutama dalam melakukan pelayanan. Kamis, 3 Mei 2018 Puskesmas Gamping 1 juga mendapatkan kunjungan dari Tim Verfikasi Puskesmas Layak Anak. Tim terdiri dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI serta Tim dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga (P3AP2KB). Tim diterima langsung oleh Kepala Puskesmas Gamping 1 drg.Ratih Susila beserta staf. Tim melakukan verifikasi terhadap pelayanan serta fasilitas untuk anak yang disediakan Puskesmas Gamping 1.

Beberapa inovasi pelayanan hingga tata ruang di Puskesmas telah di design agar saat anak berobat ke Puskesmas merasa nyaman dan tidak meninggalkan trauma saat dewasa nanti. Disediakan Pojok bermain bagi anak, ruang laktasi yang nyaman dan tertutup, ruangan pemeriksaan laborat, BP Gigi yang lebih  nyaman jika anak-anak berobat ke Puskesmas. Tidak lupa pula fasilitas Poli MTBS (Managemen Terpadu Balita Sakit) yang sengaja terpisah dari antrean di Poli Umum, untuk meminimalisir terjadinya penularan penyakit dari orang dewasa kepada anak yang sedang berobat. (PromkesGamping1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *