Sukses Deklarasi 5 Pilar STBM Desa Ambarketawang dan Desa Balecatur

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan dan paradigma baru pembangunan sanitasi di Indonesia yang mengedepankan pemberdayaan masyarakat dan perubahan perilaku. STBM ditetapkan sebagai kebijakan nasional berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 852/MENKES/ SK/IX/2008.

5 Pilar STBM meliputi :

  1. Stop Buang Air Besar Sembarangan
  2. Cuci Tangan Pakai Sabun
  3. Pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga
  4. Pengamanan sampah rumah tangga
  5. Pengamanan Limbah Cair rumah tangga

Kemarin (6/12) Puskesmas Gamping 1 telah sukses menyelenggarakan Deklarasi 5 Pilar STBM untuk  Desa Ambarketawang dan Desa Balecatur  yang berlokasi di Paradise Resto Ambarketawang. Acara ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Sleman ibu dr. Nurul Hayah, M.kes beserta staf bagian kesehatan Lingkungan ,  Lintas sector di wilayah Gamping meliputi Kapolsek Gamping, Danramil Gamping, Kepala KUA Gamping, Kepala UPT Yandik Gamping, PKK kecamatan Gamping.

Acara dimulai pukul 09.15 WIB dengan penampilan paduan suara kader kesehatan Puskesmas Gamping 1 sebanyak 50 orang yang menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Hidup Sehat, STBM dan Cuci Tangan 6 Langkah. Kemudian sambutan dari Kepala Puskesmas Gamping 1 drg. Ratih Susila, sambutan dari Kecamatan Gamping yang diwakili oleh Sekcam Kecamatan Gamping  Rasyid Ratnadi, S.Sos., M.Si dan sambutan dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman dr. Nurul Hayah, M.Kes.

Deklarasi ini merupakan rangkaian acara setelah selama tahun 2017,  31 dusun di wilayah kerja Puskesmas Gamping 1 dilakukan pemicuan tentang apa dan bagaimana mengatasi permasalahan lingkungan yang ada di sekitar melalui STBM. Acara puncak dari deklarasi adalah pembacaan deklarasi 5 pilar STBM bagi desa Ambarketawang oleh Kepala Desa bp. Sumaryanto yang ditirukan seluruh kepala dusun di Ambarketawang. Pembacaan deklarasi STBM 5 Pilar oleh kepala Desa Balecatur Hj. Sebrat Haryanti ditirukan oleh seluruh kepala dusun di desa Balecatur. Dilanjutkan penandatanganan komitmen sebagai desa yang telah mendeklarasikan 5 pilar STBM dengan saksi Kepala Dinas Kesehatan Sleman dan Kepala Puskesmas Gamping 1. Acara diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh Kepala KUA kec.Gamping bapak  Zainuddin

Harapan setelah terlaksananya Deklarasi 5 Pilar STBM ini, masyarakat di wilayah Puskesmas Gamping 1 khususnya Desa Ambarketawang dan Desa Balecatur dapat menerapkan dan meningkatkan kesadaran perilaku hidup bersih dan sehat dengan ber-STBM sehingga dapat meminimalkan penyebaran penyakit yang berbasis lingkungan di masyarakat. (promkesgamping1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *