Survei re-akreditasi Puskesmas Gamping 1 tahun 2018

Pelaksanaan sertifikasi re-akreditasi Puskesmas Gamping 1 telah terlaksana dari hari Kamis-Sabtu, 30 Agustus 2018-1 September 2018. Survey re-akreditasi ini merupakan lanjutan dari survey akreditasi yang telah dilaksanakan tahun 2015 yang lalu, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan mutu layanan dan perbaikan system yang telah dilakukan sebagai tindak lanjut temuan akreditasi di tahun 2015. Pada tahun 2015 yang lalu Puskesmas Gamping 1 mendapatkn akreditasi Utama dari Kemenkes RI, Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan  Komisi Akreditasi  FKTP.

Berikut adalah nama-nama Tim surveior yang dikirimkan oleh Komisi Akreditasi FKTP untuk memotret Puskesmas Gamping1. Selaku Ketua Tim sekaligus surveior UKP adalah beliau dr. Fauzy Masjhur, SH.,  dan anggota Tim Ibu Yuswati, SKM., M.Kes  selaku surveior yang memotret UKM, dan yang terakhir Ibu  drg. S.E . Miertha K ; selaku surveior yang memotret Admen.

Dalam pelaksanaan Opening Meeting hari ke-1 survei dihadiri oleh perwakilan Dinkes Propinsi DIY, perwakilan Dinkes Kabupaten Sleman, Camat Gamping, Kasi Kesmas Kecamatan Gamping, Kapolsek kecamatan Gamping atau yang mewakili dan Danramil kecamatan Gamping, dan Kepala Puskesmas Gamping 1 beserta perwakilan karyawan dari masing-masing Pokja. Disampaikan juga maksut kedatangan surveior akreditasi, kode etik dan punishment jika dalam pelaksanaan re-akreditasi 3 hari kedepan terdapat surveior yang melanggar kode etik selaku surveior.

Penilaian dan pemotretan bagaimana system dan dokumen Puskesmas Gamping 1 dilakukan di 3 ruangan terpisah antara Admen, UKM dan UKP. Dalam pelaksanaannya karyawan Puskesmas Gamping 1 sebagian tetap melakukan pelayanan seperti biasa dan jika dibutuhkan akan bergantian menemui surveior untuk memaparkan hasil kinerjanya. Opening meeting pagi hari ke-2 dan ke-3 diisi dengan pemaparan temuan surveior dan klarifikasi dari Pokja/Pemegang bab/programer yang bersangkutan.

Pada hari ke-3 surveior UKM Ibu Yuswati, SKM., M.Kes melakukan kunjungan lapangan untuk mengetahui kondisi wilayah dan masyarakat di Puskesmas Gamping 1. Kunjungan lapangan kali ini di Posyandu Lansia Wredhi Asih dusun Mejing Kidul, desa Ambarketawang. Tidak lupa dilakukan wawancara dengan lintas sectoral, kader kesehatan dan pemangku kepentingan yang berada di wilayah Puskesmas Gamping 1. Dari hasil penilaian dan pemotretan dokumen serta kunjungan lapangan yang dilakukan nampak surveior cukup puas dengan apa saja yang telah dilaksanakan oleh Puskesmas Gamping 1. Masukan dan temuan dari surveior akan menjadi jembatan pembangun Puskesmas Gamping 1 untuk bersiap berbenah melengkapi kekurangan dan memperbaiki secara system maupun kinerja karyawan di dalam gedung dan di luar gedung. Semoga survey yang dilakukan selama 3 hari kemarin dapat memberikan hasil yang terbaik bagi Puskesmas Gamping 1 dan bagi masyarakat yang ada di wilayah kerja Puskesmas Gamping 1. Pesan dari surveior “Lakukan apa yang kamu tulis dan tulis apa yang kamu lakukan”. Puskesmas Gamping 1, bersama kami, menuju sehat. (promkesgamping1)

This Post Has One Comment

  1. M. Reza pahlevi

    Selamat kepada puskesmas gamping 1 yg telah melaksanakan proses reakreditasi..semoga mendapat hasil yg terbaik..
    Insyaallah kami juga akan melaksanakan re akreditasi tahun depan..
    Sya mau tanya apakah proses penilaiannya sama dengan akreditasi pertama apa ada perubahan..mohon bantuannya..adakah kontak telpon yg bisa kami hubungi untuk bertnya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *