☎ 0274-6499870           ☎ 0817367788 (chat only)          📧 puskesmasgamping1@gmail.com

Selamat siang sahabat Pugasa

Hipertensi bukan lagi hal yang asing kita dengar. Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu masalah kesehatan yang paling umum terjadi pada masyarakat. Berdasarkan data 10 besar penyakit Puskesmas Gamping I tahun 2020, penyakit yang paling banyak dialami  oleh pasien adalah hipertensi dan menduduki peringkat pertama.

Tidak ada istilah sembuh bagi pengidap hipertensi, akan tetapi istilahnya adalah terkontrol atau tidak. Oleh karena itu, bagi pengidap hipertensi perlu dilakukan upaya penanganan agar hipertensi selalu terkendali sehingga  dapat menghindari berbagai komplikasi, mulai dari stroke hingga serangan jantung yang dapat mengancam nyawa.

Salah satu langkah awal penanganan hipertensi adalah dengan mengatur pola makan. Mari simak apa saja pengaturan pola makan yang dapat dilakukan untuk menjaga  tekanan darah pada penderita hipertensi :

  1. Asupan Garam

Orang dengan hipertensi disarankan tidak mengonsumsi garam dalam jumlah yang terlalu banyak, jumlah yang dianjurkan adalah kurang dari 1 sendok teh perhari serta dianjurkan untuk membatasi konsumsi makanan olahan dan cepat saji seperti mie instan, pizza, bumbu masak instan, kacang asin dan lain-lain.

  1. Asupan Gula

Tidak hanya membatasi konsumsi garam, pengidap hipertensi juga dianjurkan untuk membatasi konsumsi gula kurang dari 4 sendok makan per hari.

  1. Aturan konsumsi sayur dan Buah

Sayur dan buah memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan organ tubuh, oleh karenanya dianjurkan untuk mengonsumsi 5 porsi sayur dan buah setiap hari, aturan ini sebenarnya tidak hanya bagi pengidap hipertensi tetapi bagi semua orang.

  1. Aturan konsumsi Protein dan lemak

Protein dan lemak memiliki peranan penting dalam sistem metabolisme tubuh. Bagi pengidap hipertensi dianjurkan untuk membatasi konsumsi  makanan berlemak atau makanan yang digoreng kurang dari 5 sendok makan minyak setiap hari, serta pilihlah makanan yang kaya protein,dengan kandungan lemak yang rendah seperti ikan, dada ayam, susu rendah lemak.

 

Nah, bagi sahabat Pugasa yang saat ini ada anggota keluarganya yang memiliki penyakit hipertensi ada baiknya untuk menyampaikan informasi di atas ya. agar hipertensi terkendali dan komplikasi terhindari.

Salam sehat sahabat Pugasa !

Edited by Imas.R

Open Chat
Semangat Pagi
Chat akan di balas pada jam kerja terimaksih