Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan Konsumsi Sayur dan Buah

Pandemi Corona menjadi hal yang menakutkan namun harus dihadapi secara bersama-sama oleh setiap elemen masyarakat. Semua masyarakat diharapkan menerapkan himbauan-himbauan seperti menggunakan masker, berperilaku hidup bersih dan sehat, tidak melakukan kegiatan yang bersifat berkerumun, tidak mudik dan lainnya. Himbauan dan peraturan tersebut hendaknya dipatuhi dan dilaksanakan sebaik-baiknya oleh setiap individu dengan tujuan agar penyebaran penularan virus Covid-19 ini menjadi berkurang.

Selain itu, himbauan untuk mengkonsumsi makanan bergizi juga digencarkan. Karena makanan yang bergizi sudah pasti memiliki zat gizi yang baik sehingga tubuh tidak mudah sakit, seperti sayuran dan  buah-buahan.

Saat ini, buah dan sayur merupakan salah satu komponen yang paling banyak dicari karena buah dan sayur memiliki berbagai vitamin dan mineral yang baik bagi daya tahan tubuh. Selain itu zat gizi tersebut juga berfungsi untuk mengatur pertumbuhan serta pemeliharaan tubuh dan mengandung serat yang tinggi yang baik untuk saluran pencernaan.

Mengonsumsi sayur dan buah sebaiknya menjadi hal yang wajib bagi setiap keluarga, tidak hanya dalam masa pandemik Covid-19 saja namun menjadi kebiasaan setiap hari di rumah, di tempat kerja, bekal makanan ke sekolah,dll. Mari kita bersama-sama memanfaatkan Sayur dan buah lokal yang dapat diperoleh dari pasar setempat.

Lalu, sayur apa saja yang bagus untuk dikonsumsi?

Semua sayur bagus untuk dikonsumsi, terutama sayuran berwarna hijau tua, kuning dan oranye seperti bayam, kangkung, daun katul, wortel, selada, daun singkong dan lainnya. Begitu pula halnya dengan buah, semua buah bagus untuk dikonsumsi terutama buah yang berwarna kuning dan merah seperti mangga, pepaya, jambu biji dll yang memiliki kandungan vitamin, mineral dan serat yang lebih tinggi.

Berikut ini tips mengenalkan pentingnya sayur dan buah kepada anak :

  1. Perkenalkan sejak dini kepada anak kebiasaan makan sayur dan buah pagi, siang dan malam. Anak-anak tidak mau makan buah dan sayur bukan karena takut tapi karena merasa ada banyak makanan lain yang lebih enak daripada sayur. Jadi, untuk bunda harus bisa menyiasati agar anak mau memakan sayur dan buah misalnya dengan menyembunyikan sayur di dalam omelet, membuat pudding buah, dan lain-lain
  2. Manfaatkan setiap kesempatan di rumah untuk mengingatkan tentang pentingnya sayur dan buah

Ayo kita konsumsi buah dan sayur setiap hari yang kaya anti oksidan, vitamin dan mineral agar tubuh sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. SALAM SEHAT….

Edited: by I.R

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *