Waspadai Perkembangan Nyamuk saat Musim Hujan

Hallo sahabat Pugasa,

Dipenghujung tahun 2019, daerah Sleman dan sekitarnya mulai diguyur hujan, setelah lama mengalami kemarau yang menyebabkan kekeringan di beberapa tempat. Turunnya hujan patut kita syukuri karena hujan membuat tanaman kembali segar, kekeringan yang berkurang, udara yang lebih segar dan lain-lain. Tapi ada satu hal yang patut kita waspadai, yakni perkembangan insekta kecil pembawa virus mematikan yaitu nyamuk. Nyamuk  lebih banyak bertelur di musim hujan disebabkan tempat berkembang biak dan pertumbuhan larva nyamuk, yaitu genangan air, lebih banyak tersedia di musim hujan.

Jumlah nyamuk akan menjadi lebih banyak dan bertelur lebih banyak dari musim kemarau, oleh karena itu perlu dilakukan beberapa upaya agar anggota keluarga terlindungi dari gigitan nyamuk, diantaranya nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus dengue penyebab demam berdarah. Beberapa hal yang dapat sahabat lakukan adalah sebegai berikut:

  1. Menjaga kebersihan dan membuah barang yang sudah tidak terpakai, atau mendaur ulang barang tersebut
  2. Memeriksa  tempat-tempat yang menjadi tempat favorit nyamuk untuk berkembang biak seperti tandon air, bak mandi, dispenser, belakang kulkas, vas yang berisi air, kolam ikan
  3. Menguras dan mengganti air dalam bak mandi
  4. Jika ditemukan jentik dalam kolam dapat dimasukkan bubuk abate, atau dengan memasukkan ikan pemakan jentik kedalam kolam seperti cupang, dll
  5. Menutup lobang yang sekiranya dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk
  6. Tidak menggantung baju setelah dipakai
  7. Menggunakan baju lengan panjang dan lotion anti nyamuk

Tips diatas dapat sahabat lakukan serta disebarkan kepada teman atau tetangga, karena jika masyarakat bersama-sama menjaga lingkungan dan saling mengingatkan untuk berperilaku hidup bersih dan sehat maka semuanya juga akan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. Salam sehat sahabat Pugasa….

                                                                                      Edited by Imas/Promkes GP I

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *