JANGAN TAKUT IMUNISASI BIAS

JANGAN TAKUT IMUNISASI BIAS

Sumber Gambar: Lifestyle Okezone

 

BIAS dilaksanakan setiap tahun, yaitu pada bulan Agustus dan November. Tujuan umum dari kegiatan BIAS adalah untuk memberikan perlindungan jangka panjang bagi anak terhadap penyakit Campak, Rubella, Difteri dan Tetanus dan Kanker Serviks.

Tujuan khususnya adalah : memberikan perlindungan bagi anak terhadap penyakit campak semur hidup, perlindungan bagi anak terhadap penyakit difteri selama 10 tahun dan perlindungan bagi anak terhadap penyakit tetanus selama 25 tahun.

Program imunisasi mengacu kepada konsep Paradigma Sehat, dimana prioritas utama dalam pembangunan kesehatan yaitu upaya pelayanan peningkatan kesehatan (promotif) dan pencegahan penyakit (preventif) secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan.

Adapun kegiatan dari BIAS ini adalah sebagai berikut :

  1. Kelas 1 diberikan imunisasi MR pada bulan Agustus untuk mencegah penyakit Campak dan Rubella serta Imunisasi DT pada bulan November untuk mencegah Difteri dan Tetanus
  2. Kelas 2 diberikan imunisasi Td pada bulan November untuk mencegah Difteri dan Tetanus
  3. Kelas 5 diberikan imunisasi HPV dosis 1 pada bulan Agustus untuk mencegah kanker serviks dan imunisasi Td pada bulan November untuk mencegah Difteri dan Tetanus
  4. Kelas 6 diberikan imunisasi HPV dosis 2 pada bulan Agustus untuk mencegah Kanker Serviks

Apakah imunisasi punya efek samping?

Layaknya obat-obatan lain, imunisasi juga memiliki efek samping yaitu menimbulkan efek samping ringan dan akan hilang sendiri dalam waktu beberapa hari.

Adapun efek samping yang biasanya muncul adalah nyeri pada lokasi penyuntikan, timbul kemerahan dan bengkak pada lokasi suntikan, mual, gejala seperti mau flu (demam ringan, lemas, pegal-pegal dan sakit kepala).

Ayo dukung program imunisasi agar anak terlindung dari berbagai penyakit yang memiliki dampak serius.

SALAM SEHAT !

 

Promkes Puskesmas Gamping I

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *