Sendok Takar Obat, Sendok Teh, Sendok Makan…..Apakah Sama??

Apa si sebenarnya sendok takar obat? Sama gak ya dengan sendok makan dan sendok teh yang ada di rumah? Saya yakin masih banyak yang menggunakan sendok makan dan sendok teh ketika minum obat sirup karena menganggap ukuran takarannya sama persis.

Yang perlu kita ketahui sebelum menggunakan sendok makan dan sendok teh di rumah adalah apakah sendok tersebut sama dengan sendok takar obat yang dianjurkan ketika kita berobat. Berdasarkan hasil dari percobaan pengukuran ternyata volume sendok makan yang ada dirumah kira-kira hanya 8-10 ml tergantung pada kecekungan sendok sedangkan untuk sendok teh kira- kira hanya 2,5 ml atau lebih tergantung bentuk dan kecekungan sendok. Sedangkan dalam ilmu kefarmasian, volume sendok teh adalah 5 ml sedangkan volume sendok makan adalah 15 ml.

Nah karena ukuran nya tidak sesuai maka akan ada kerugian yang didapat dari penggunaan obat yang tidak sesuai daengan menggunakan sendok takar yang tidak tepat. Apalagi kalo yang minum obat adalah bayi/anak-anak. Beberapa kerugian nya antara lain :

  • Pertama dan yang pasti, jika volume sendok yang digunakan lebih kecil dari volume yang seharusnya maka dosis obat yang masuk ke dalam tubuh juga lebih kecil dari seharusnya. Akibatnya bisa berbagai macam mulai dari bayi/anak tidak mendapatkan manfaat dari obat, mendapat manfaat namun tidak optimal, tidak menunjukan kesembuhan/lama sembuhnya.
  • Apabila sirup obat yang  berikan termasuk golongan antibiotika dan salah menggunakan sendok takar/sendok obat, maka  infeksi bakteri tidak akan tertangani dengan baik dapat pula mencetuskan terjadinya resistensi bakteri terhadap antibiotika tersebut, yang awalnya seharusnya si bakteri mati setelah diberi antibiotika namun karena dosisnya kurang, bakterinya cuma pingsan aja, banyak bakteri yang bisa bertahan dan makin kuat, dan lama kelamaan tidak akan mempan lagi deh ama jenis antibiotika itu

Macam-macam alat bantu yang dapat digunakan untuk meminum obat  sirup adalah sebagai berikut :

Sendok takar Obat

Sendok ini biasanya sudah ada dalam kemasan obat sirup. Pada sendok ini biasanya terdiri dari 2 lingkaran dibagian dalamnya dengan tertulis keterangan 2,5 ml dan  5ml, artinya jika kita hanya menggunakan obat  5 ml akan lebih tepat dan mudah

Cup takaran obat

Cup takaran obat ini biasanya juga terdapat pada kemasan sirup. Pada cup ini tertulis lebih lengkap ukuran yang tertulis mulai dari 2.5 ml, 5 ml, 7.5 ml, 10 ml sampai dengan 15 ml. Nah buat yang mau minum obat sirup dengan takaran sampai dengan 15 ml obat yang diminum akan lebih tepat pemberiannya secara volume.

Pipet Tetes

Pipet tetes ini biasanya ada dalam kemasan drop untuk bayi untuk memudahkan pemberiannya pada pasien balita. Pada pipet tetes ini biasanya tertulis 0,5 ml dan 1 ml.

Nah sudah sedikit mengerti kan sekarang bahwa sendok makan dan sendok teh yang biasa kita gunakan ternyata tidak sesuai dengan takaran yang dianjurkan, maka mulai sekarang biasakanlah menggunakan sendok takar agar obat yang kita minum akan bekerja sesuai dengan maksimal. Dan jangan lupa biasakan untuk meminta sendok takar obat kepada Apoteker atau Asisten Apoteker ketika anda berobat dan mendapatkan obat sirup tanpa sendok takar.

sumber : http://kumpulanartikelfarmasi.com/2018/04/takaran-obat-sirup/

edit dan uplod oleh : Yuli Rinto Prabowo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *