Ayo ke Posyandu untuk mendapatkan Vitamin A

Selamat Siang sahabat Pugasa, bulan Agustus sudah tiba yang artinya sudah tiba waktunya pemberian Vitamin A bagi bayi dan balita kita. Apakah sahabat sudah tahu bagaimana cara mendapatkan vitamin A dan apa saja manfaatnya. Mari kita bahas satu per satu.

Vitamin A merupakan vitamin larut lemak yang berperan penting dalam pembentukan organ-organ seperti system penglihatan, kulit, system reproduksi dan juga system imunitas tubuh. Vitamin A dapat ditemukan dalam berbagai makanan, seperti hati sapi, susu, keju, yoghurt, telur, buah mangga, sayur bayam dan wortel, serta minyak ikan.

Untuk mencegah defisiensi Vitamin A pada anak dan ibu nifas, pemerintah mengadakan program pemberian Vitamin A yang dilaksanakan 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun, yaitu di bulan Februari dan Agustus. Vitamin A ini diberikan secara Gratis oleh pemerintah untuk jutaan bayi dan balita di Indonesia. Terdapat 2 jenis kapsul vitamin A :

  1. Kapsul Biru

Memiliki dosis 100.000 IU yang diberikan kepada bayi yang berusia ≥6 bulan hingga 11 bulan. Dengan dosis tunggal/1 kapsul saja. Cara pemberiannya dengan menggunting kapsul dan meneteskan Vitamin A kedalam mulut bayi.

  1. Kapsul Merah

Memiliki dosis 200.000 IU yang diberikan kepada balita usia ≥12 bulan hingga usia 59 bulan. Dengan dosis tunggal/1 kapsul saja. Cara pemberiannya dengan menggunting kapsul dan meneteskan Vitamin A kedalam mulut balita. Vitamin A kapsul merah juga diberikan kepada ibu pasca melahirkan sebanyak 2 kapsul untuk membantu percepatan proses pemulihan setelah melahirkan.

 

Kekurangan Vitamin A pada anak biasanya terjadi jika anak menderita Kurang Energi Protein (KEP) atau gizi buruk sebagai akibat asupan zat gizi sangat kurang, termasuk zat gizi mikro dalam hal ini vitamin A.  Anak yang menderita kurang vitamin A mudah sekali terserang infeksi seperti infeksi saluran
pernafasan akut(ISPA), campak, cacar air, diare dan infeksi lain karena imunitasnya menurun. Namun masalah kekurangan vitamin A dapat juga terjadi pada keluarga dengan penghasilan cukup. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan orang tua tentang pemberian gizi yang baik. Gangguan penyerapan pada usus juga dapat menyebabkan kekurangan vitamin A.

 

Untuk mendapatkan Vitamin A bagi bayi dan balita bisa langsung ke Posyandu yang ada di daerah masing-masing bersamaan dengan pelaksanaan penimbangan atau posyandu. Jangan lupa untuk tetap menerapkan protocol Kesehatan saat datang ke Posyandu ya sahabat, 3M (Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, Memakai masker dan Menjaga jarak aman minimal 1 meter)

Salam sehat.

@radichanurw

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *