Inovasi Mama Minta Info

Kesehatan Ibu dan Anak menjadi salah satu indikator derajat kesehatan. Meningkatkan status kesehatan masyarakat dapat terlihat dari menurunnya angka kematian ibu, kematian bayi dan kematian balita. Di Puskesmas Gamping I masih ditemukan kejadian kematian pada bayi dan kejadian bayi lahir mati di tiap tahun. Ini berbanding lurus dengan jumlah ibu hamil yang berisiko/komplikasi yang ada di Puskesmas Gamping I yang berkisar 38,13% dari seluruh sasaran ibu hamil, jauh lebih banyak dibandingkan estimasi (20% dari seluruh sasaran ibu hamil).

Pelayanan kesehatan masyarakat yang lebih mengutamakan pelayanan promotif dan preventif, dengan kelompok masyarakat serta sebagian besar diselenggarakan bersama masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah kerja puskesmas.

Dengan inovasi SMS Bunda dan e-counselling 24 jam, Puskesmas Gamping I berharap dapat memudahkan akses bagi ibu hamil untuk membangun sistem kesiagaan masyarakat, mencegah terjadinya kejadian kematian pada ibu dan kematian pada bayi dan balita dengan cara memberikan informasi-informasi terkait dengan perawatan kehamilan, bersalin, nifas , bayi dan balita, pengenalan tanda-tanda bahaya sehingga tidak terjadi keterlambatan penanganan, serta diharapkan setiap ibu hamil tahu akan hak-hak mereka dalam mendapatkan pelayanan terkait kesehatan ibu dan anak yang sudah distandartkan oleh pemerintah.

Sebelum inovasi pelayanan publik dilaksanakan ada beberapa masalah yang masih ditemukan dalam pelayanan Kesehatan Ibu Anak:

  1. Masih ditemukan kejadian kematian bayi, balita
  2. Jumlah ibu hamil berisiko yang cukup banyak (hampir 40%)
  3. Kekurang tahuan ibu hamil tentang pengenalan tanda bahaya kehamilan, persalinan, nifas, bayi dan balita
  4. Kekurang tahuan ibu hamil tentang standart pelayanan kehamilan, bersalin, nifas, bayi dan balita
  5. Identifikasi harapan masyarakat banyak meminta penyuluhan kesehatan
  6. Keterbatasan SDM petugas dalam memberikan pelayanan khususnya penyuluhan
  7. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi belum dimanfaatkan

Berdasar latar belakang masalah tersebut Puskesmas Gamping I membuat inovasi pelayanan publik yang peduli terhadap kelompok rentan ibu hamil, dengan pelayanan khusus dalam rangka sayang ibu anak sebagai pelaksanaan UU No 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik melalui “MAMA MINTA INFO”  yang digagas oleh Ernawati, Amd.Keb selaku bidan koordinator di Puskesmas Gamping 1.

Inisiatif ini dilakukan sejak tahun 2017, yang bertujuan untuk memberikan pelayanan khusus bagi ibu hamil agar dapat mengakses pelayanan kesehatan dengan mudah, menerapkan pola hidup sehat melalui upaya pencegahan penyakit (preventif) dan peningkatan kesehatan (promotif), tanpa mengabaikan upaya pengobatan (kuratif) dan rehabilitatif melalui pendekatan budaya lokal dengan memanfaatkan perkembangan ilmu dan teknologi.

Pelayanan kesehatan khusus bagi pasien ibu hamil melalui system SMS Bunda dan e-counselling 24 jam

  1. Pelayanan SMS Bunda

Meskipun ibu hamil tidak bertemu langsung dengan petugas (bidan), Ibu hamil dapat menerima informasi-informasi seputar perawatan kehamilan,persalinan,masa nifas juga kesehatan bayi,balita yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatannya, mengenal tanda-tanda bahaya kehamilan, persalinan, nifas maupun bayi dan balita sehingga dapat mengenali bahaya sejak awal/dini untuk selanjutnya segera mencari pertolongan sehingga diharapkan ibu dan anak dapat sehat dan selamat, dengan memanfaatkan ilmu dan teknologi sesuai perkembangan jaman.

  1. Pelayanan E-conseling dapat diakses 24 jam.

Selain menggunakan SMS Bunda, Ibu hamil juga dapat melakukan konseling tentang perawatan ibu anak dengan menggunakan layanan konseling melalui email/ website yang disediakan oleh puskesmas Gamping I (pkmgamping1@slemankab.go.id). Inovasi ini diharapkan dapat membantu menyelesaikan masalah mengenai keterbatasan jam pelayanan puskesmas yang buka dari pukul 7.30 s/d 14.30 WIB.

  1. Pelayanan kunjungan ke rumah pasien oleh tim terpadu Puskesmas dan pembinaan di permukiman penduduk.

Pelayanan kesehatan diberikan dalam rangka preventif, promotif, kegiatan meliputi pendampingan dan pemberian konseling, informasi dan edukasi (KIE) maupun pemeriksaan melalui Pos Pelayanan Terpadu, Pos Kesehatan Desa (Poskesdes), Kelas Ibu Hamil dan kunjungan ke rumah pasien.

Peran dari lintas sectoral yang ada di wilayah puskesmas gamping 1 sangat penting dalam berkembangnya inovasi Mama Minta Info ini serta tercapainya tujuan pelayanan kesehatan. Adapun peran dari lintas sectoral diantaranya adalah menggalang kerja sama dengan unit program lainnya demi terselenggaranya kelancaran program kegiatan di puskesmas, melakukan koordinasi dengan Penangggung jawab UKM dan Kepala puskesmas, melakukan koordinasi dengan dokter umum di puskesmas, melakukan koordinasi dengan kader, mengadakan pertemuan berkala dengan unit program lain untuk menyamakan persepsi tentang informasi yang diperoleh dari masalah yang ditemukan serta membantu melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar dapat mengakses inovasi Mama Minta Info. (edit by promkesgamping1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *