POSYANDU LANSIA

 

Kelompok Lansia/Posyandu Lansia merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber daya Masyarakat (UKBM) yang dibentuk oleh masyarakat berdasarkan inisiatif dan kebutuhan masyarakat itu sendiri. Posyandu lansia diselenggarakan di wilayah binaan Puskesmas Gamping I, antara lain wilayah Ambarketawang dan Balecatur. Kegiatan posyandu lansia dilakukan guna menjangkau masyarakat yang sulit untuk datang ke Puskesmas Terpadu, agar dapat tetap tetap mendapatkan pelayanan kesehatan. Kegiatan posyandu lansia dilaksanakan 12 kali dalam 1 bulan di 12 dusun yang berbeda. Untuk memberikan pelayanan kesehatan yang prima terhadap lansia di posyandu, mekanisme pelaksanaan kegiatan yang dilakukan yaitu melalui 5 langkah

  1. Langkah I : Pendaftaran, yaitu dengan mendaftarkan lansia,kemudian kader mencatat lansia. Lansia yang sudah   terdaftar di buku langsung menuju langkah selanjutnya.
  2. Langkah II : Kader melakukan pengukuran tinggi badan, berat badan, dan tekanan darah.
  3. Langkah III : Pencatatan, yaitu dengan pengisian di Kartu Menuju Sehat : Indek Massa Tubuh, tekanan darah, berat badan, tinggi badan.
  4. Langkah IV : Penyuluhan, yaitu memberikan penyuluhan kesehatan perorangan berdasarkan KMS dan pemberian makanan tambahan.
  5. Langkah V : Pelayanan Medis, yaitu memberikan pelayanan yang dilakukan oleh petugas dari Puskesmas/Kesehatan meliputi kegiatan pemeriksaan dan pengobatan ringan.

Dengan adanya posyandu lansia, Puskesmas Gamping I mengupayakan agar kesehatan para lansia dapat di pantau dan dapat menjalani masa tua yang bahagia dan berdaya guna. Sehingga, keberadaan lansia tidak akan membebani keluarga, masyarakat, dan pemerintah.

dsc09501

 

 

 

 Penulis adalah Programer Lansia Puskesmas Gamping 1

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *