Periksa Gigi Sedari Dini

 

Kasus gigi dan mulut sering dianggap sepele oleh sebagian besar masyarakat. Bahkan pada masyarakat kelas atas dan berpendidikan, berkunjung ke  dokter gigi sering dianggap momok yang menakutkan. Sehingga sebisa mungkin menghindari pergi ke dokter gigi kecuali bila sudah dianggap terpaksa dan sudah “terlambat” untuk ditangani sehingga berakhir dengan pencabutan gigi.

 

 Dentist teaching the right way of brushing teeth
Rasa takut anak-anak pada dokter gigi biasanya diawali dari sikap orang tua yang sebenarnya juga ‘takut’ untuk ke dokter gigi.  Rasa takut anak dikarenakan anak sering ditakut-takuti bahwa jika ke dokter gigi maka giginya akan dicabut. Rasa ngeri pada tindakan pencabutan inilah yang membuat anak anak enggan periksa ke dokter gigi.

 

 download-9 Kondisi ini sangat memperihatinkan karena pada realitasnya, hampir semua anak-anak gigi susunya telah terpapar karies walaupun mengaku telah menyikat gigi dengan rajin. Pada beberapa anak gigi permanen telah berlubang bahkan sebagian telah mengalami kematian gigi

 

Kematian gigi pada anak berakibat rasa sakit kadang disertai pembengkakan yang dapat menggangu makan, konsentrasi belajar dan perkembangan tubuh anak yang optimal. Rasa sakit yang dirasakan menandakan bahwa kasus gigi tersebut sudah mencapai tahap lanjut yang memerlukan tindakan yang lebih kompleks.

 

Keparahan gigi dapat dicegah apabila sedari dini anak-anak dikenalkan pada dokter gigi. “kesalahan” orangtua kita jangan sampai kita tularkan pada anak-anak kita. Hilangkan stigma bahwa periksa ke dokter gigi itu adalah bila sudah sakit dan mesti dicabut giginya. Periksakanlah gigi anak anda rutin sejak gigi pertama tumbuh. Pemeriksaan  berkala setiap 6 bulan sekali untuk memastikan gigi tetap terjaga kesehatannya.
Lubang kecil pada anak jangan disepelekan karena tidak perlu lubang gigi yang besar untuk menyebabkan sakit gigi. Apabila lubang yang besar sudah terlanjur terjadi pastikan gigi anak anda selalu bersih.
 025-sikat-gigi-bayi-finger-toothbrush Gigi yang bersih ditandai dengan tidak adanya plak dan karang gigi pada gigi anak. Sikat gigi minimal dua kali sehari pada waktu pagi sesudah sarapan dan malam sebelum tidur mampu membantu menjaga kebersihan gigi. Bila anak masih kecil, kadang dia ingin belajar menyikat giginya sendiri, pastikan setelah dia belajar menyikat gigi, anda sebagai orang tua memantau ‘hasil kerjanya’, bila perlu sikatlah ulang gigi anak Anda secara hati-hati dan benar.

 

Cara menyikat gigi yang benar adalah dengan mulut terbuka, arahkan bulu sikat searah pertumbuhan gigi (dari gusi ke gigi). Sikat dengan menggunakan pasta gigi secukupnya, jangan terlalu banyak apalagi untuk anak yang belum bisa berkumur dengan baik pasta gigi belum terlalu diperlukan. Pakailah sikat gigi khusus untuk gigi anak dengan bulu  sikat yang lembut. Dengan sikat gigi yang rutin dan benar selain menjaga kesehatan gigi akan menjaga kesehatan gisi dan mencegah terjadinya radang gusi.

 

Untuk menarik anak agar rajin menyikat gigi terutama sebelum tidur, buatlah acara menyikat gigi ini menjadi menyenangkan dengan memberikan reward berupa bintang apabila mau menyikat gigi dan berikanlah pujian. Bila tercapai sejumlah bintang tertentu telah terkumpul berikan hadiah sederhana. Lakukan hal ini sampai kegiatan ini terpola dalam diri anak.

 

 

 images-17
Berikan perhatian pada gigi anak. Periksalah secara rutin apakah ada gigi yang berlubang atau terbentuk karang gigi, pada gigi pertumbuhan dan pergantian periksa selalu apakah gigi sudah waktunya tanggal atau berganti ataukah ada gigi baru yang tumbuh. Ingat gigi permanen geraham besar pertama tumbuh pada usia skitar enam tahun dan TIDAK menggantikan gigi susu. Gigi ini tumbuh hanya sekali sehingga bila lubang dan terlepas sudah tidak ada yang mengganti dan dapat ompong selamanya.

 

 download-10 Dengan memperhatikan kesehatan gigi maka fungsi kunyah dapat berjalan optimal dan penyerapan gizi anak dapat berjalan dengan baik sehingga gizi anak dapat terpenuhi. Dengan menjaga kesehatan gigi maka kesehatan tubuh secara keseluruhan dapat terjaga.tentunya selain menjaga kesehatan gigi juga diperhatikan pola hidup bersih dan sehat, bila kesehatan tubuh terjaga prestasi anakpun dapat meningkat.

 

Dentist teaching the right way of brushing teeth

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *