Solusi CERDIK Cegah Hipertensi

Hipertensi merupakan penyakit kardiovaskular yang banyak dimiliki masyarakat dunia termasuk Indonesia. Berdasarkan data WHO, 1 dari 3 orang di dunia ini mengalami hipertensi dan diperkirakan tahun 2025 akan terjadi peningkatan penderita hipertensi. hipertensi ini merupakan salah satu pintu masuk atau faktor risiko penyakit seperti jantung, gagal ginjal, diabetes, stroke.

Hipertensi disebut sebagai the silent killer karena sering tanpa keluhan, sehingga penderita tidak mengetahui dirinya menyandang hipertensi dan baru diketahui setelah terjadi komplikasi. Kerusakan organ target akibat komplikasi Hipertensi akan tergantung kepada besarnya peningkatan tekanan darah dan lamanya kondisi tekanan darah yang tidak terdiagnosis dan tidak diobati.

Gejala hipertensi:

Berikut ini adalah beberapa tanda dan gejala hipertensi paling umum yang mungkin terjadi

  • Sakit kepala yang parah
  • Penglihatan buram
  • Kencing berdarah
  • Nyeri di daerah dada
  • Sulit bernapas
  • Denyut jantung tidak teratur
  • Berdenyut kencang di bagian dada, leher, atau telinga

 

 

 

Hipertensi dapat dicegah dengan mengendalikan perilaku berisiko secara CERDIK, yaitu Cek tekanan darah secara rutin ke faskes yang ada, Enyahkan asap rokok, Rajin olahraga agar badan menjadi sehat dan bugar, melakukan Diet yang seimbang (mengonsumsi sayur dan buah serta mengurangi konsumsi gula garam dan lemak yang berlebih), Istirahat yang cukup serta Kelola stress dengan baik. dengan mewujudkan semua aktivitas tersebut tidak hanya dapat mencegah hipertensi tetapi juga  penyakit-penyakit lainnya.

Mari cegah hipertensi dengan CERDIK

Salam sehat … !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *