Kamu Adalah Apa yang Kamu Makan (You are what you eat)

Masih ingat dengan slogan Kamu adalah apa yang kamu makan ?

Slogan ini sangat tepat untuk menggambarkan dampak dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Bila mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi maka tubuh akan sehat pula, daya tahan tubuh akan bagus dan dapat mencegah berbagai penyakit. Misalnya saat mengkonsumsi lebih banyak sayur dan buah maka percernaan akan terasa nyaman tubuh terasa lebih segar jika dibandingkan saat mengkonsumsi lebih banyak makanan junk food, dapat muncul berbagai penyakit.

Junk food kerap dikenal sebagai makanan yang tidak sehat (sampah). Junk food mengandung jumlah lemak yang besar, rendah serat, banyak mengandung garam, gula, lemak, kalori tinggi dan zat aditif tetapi rendah nutrisinya, rendah vitamin, mineral juga serat.

Jika mengonsumsi makanan junkfood secara berlebihan dalam waktu yang lama maka akan berdampak buruk terhadap kesehatan seperti munculnya gangguan pada pencernaan akibat kurangnya serat dalam makanan tersebut, gangguan jantung, diabetes mellitus akibat tingginya kadar gula makanan junk food, kolesterol, hipertensi, gangguan ginjal dan lain sebagainya.

Oleh karena itu mari kita konsumsi makanan yang sehat dan bergizi yang tidak diolah secara berlebihan, selain kaya zat gizi juga mudah dicerna oleh usus. Konsumsi air minum 2 liter setiap hari agar metabolisme tubuh lancar serta melakukan aktivitas fisik 30 menit setiap hari agar kalori yang menumpuk dapat terbakar.

Salam Sehat !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *