Waspada Potensi ISPA di Musim Pancaroba

Infeksi Saluran Pernapasan Akut atau ISPA adalah infeksi di saluran pernapasan, yang menimbulkan gejala batuk, pilek, disertai dengan demam. ISPA sangat mudah menular dan dapat dialami oleh siapa saja, terutama anak-anak dan lansia.

Sesuai dengan namanya, ISPA akan menimbulkan peradangan pada saluran pernapasan, mulai dari hidung hingga paru-paru. Kebanyakan ISPA disebabkan oleh virus, sehingga dapat sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus dan antibiotik. Walaupun demikian, seseorang perlu waspada dan mengetahui kapan saatnya perlu berkonsultasi dengan dokter, serta cara mencegah penyakit ini.

Penyebab dari penyakit ISPA adalah virus dan bakteri. Penularan penyakit ini dapat lewat udara, percikan air liur atau berjabat tangan dengan orang yang terkena ISPA. Gejala dari kita terinfeksi ISPA adalah:

  1. Demam
  2. Bersin-bersin
  3. Pilek
  4. Hidung tersumbat
  5. Batuk
  6. Nyeri telan
  7. Nyeri otot

Di musim kemarau panjang dan pancaroba seperti sekarang ini, banyak ditemui pasien yang berobat ke Puskesmas Gamping 1 dengan gejasa ISPA. Cuaca ekstrim yang terjadi di Sleman pun menjadi salah satu faktor meningkatnya kejadian ISPA. Salah satu upaya yang dapat kita lakukan untuk meminimalisir kejadian ISPA adalah melakukan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) dengan mengkonsumsi banyak buah dan sayur, olahraga rutin, banyak minum air putih dan menghindari rokok.

Kandungan vitamin dan mineral pada buah dan sayur dapat membantu meningkatkan system imunitas tubuh dan dapat membantu mengembalikan kesehatan disaat sedang sakit. Namun terkadang cuaca yang dingin membuat orang tidak terasa haus, tetapi harus tetap dipaksakan minum minimal 8 gelas air sehari agar tidak terjadi dehidrasi pada tubuh.

Jaga kondisi tubuh ya sahabat PUGASA, jangan lupa lakukan GERMAS setiap hari dan juga istirahat yang cukup. Salam sehat dari Puskesmas Gamping 1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *