Aktivitas Fisik Setiap Hari Buat Harimu Lebih Sehat dan Bugar

Apa itu aktivitas fisik?

Aktivitas fisik adalah melakukan pergerakan anggota tubuh yang menyebabkan pengeluaran tenaga yang sangat penting bagi kesehatan fisik, mental, dan mempertahankan kualitas hidup agar tetap sehat dan bugar sepanjang hari.Sebaiknya setiap hari anggota keluarga melakukan aktivitas fisik selama 30 menit.

 

ada banyak keuntungan dari melakukan aktivitas fisik secara teratur yaitu sebagai berikut:

  1.  Terhindar dari penyakit jantung, stroke, osteoporosis, kanker, tekanan darah tinggi, kencing manis dll
  2. Berat badan terkendali
  3. Otot lebih lentur dan tulang lebih kuat
  4. Bentuk tubuh menjadi bagus
  5. Lebih bertenaga dan bugar
  6. Lebih percaya diri

 

Sumber Gambar: Promkes Kemkes

Waktu yang baik untuk melakukan aktivitas fisik ialah pada pagi dan sore hari. Pada saat pagi hari, akan mendorong semangat serta energi yang lbih besar dalam menjalankan rutinitas hingga seharian. Meluangkan waktu sejenak di sore hari untuk berolahraga dapat membantu kualitas tidur di malam harinya.

Jenis aktivitas fisik adalah sebagai berikut:

  1. Kegiatan sehari-hari

Kegiatan sehari-hari yang sudah biasa dilakukan yaitu ; berjalan kaki, berkebun, mencuci pakaian, mengepel lantai, mencuci mobil, naik turun tangga, kerja di taman dan lain-lain.

  1. Olahraga

Diantaranya ; push-up, lari ringan, berenang, senam, bermain tenis, angkat beban/berat dan lain-lain.

 

Tips aktivitas fisik:

  1. Jalan cepat : Perlu menggunakan sepatu yang nyaman agar kaki tidak sakit saat berjalan ke sekolah, kampus, kantor atau pada saat naik tangga.
  1. Senam atau peregangan : Senam sangat baik untuk melenturkan otot dan melancarkan peredaran darah

 

Mari kita beraktivitas fisik selama 30 menit setiap hari, karena dapat mencegah berbagai penyakit dan membuat tubuh sehat dan bugar.

SALAM SEHAT !

Promkes Puskesmas  Gamping I

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *