☎ 0274-6499870           ☎ 0817367788 (chat only)          📧 puskesmasgamping1@gmail.com

 

Setelah melewati musim pancaroba yang panjang, kini tiba saatnya memasuki musim hujan. Akhir bulan Oktober lalu, daerah Gamping dan sekitarnya sudah mulai diguyur hujan dengan intensitas yang mulai sering. Kondisi hujan menyebabkan terjadinya perubahan suhu dan perubahan suasana. Perubahan dari musim kemarau ke musim hujan ini dapat mempengaruhi kondisi tubuh sebagian orang sehingga rentan terhadap berbagai penyakit.

Terdapat beberapa penyakit yang rentan menyerang saat musim hujan seperti flu, batuk, demam, sesak napas, penyakit kulit, demam berdarah dan lainnya. Kondisi tersebut tentu membuat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga tubuh tetap sehat saat musim hujan, yuk simak tips  berikut ini:

  1. Selalu jaga kebersihan tubuh

Bakteri dan virus mudah berkembang biak yang disebabkan oleh tingkat kelembapan yang tinggi pada musim hujan, maka pastikan tubuh selalu bersih baik saat beraktivitas di dalam atau di luar rumah. Segera mandi dan keramas jika kehujanan saat diperjalanan dan pastikan tubuh sudah bersih maksimal sebelum beraktivitas di rumah. Jangan lupa selalu terapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menjaga jarak, ,memakai masker, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan.

  1. Menjaga pola makan

Asupan zat gizi sangat penting bagi tubuh, saat tubuh kekurangan nutrisi maka daya tahan tubuh akan menurun sehingga mudah terserang penyakit. Cukupi kebutuhan gizi harian dengan menerapkan pola makan gizi seimbang, mengonsumsi makanan yang terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur, buah dan minum minimal 8 gelas per hari.

  1. Menjaga kebersihan lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan penting dilakukan karena lingkungan dapat menjadi kotor saat hujan hal ini disebabkan karena terdapat genangan air dan kelembapan udara yang tinggi menjadikan kuman mudah berkembang biak.. Hal yang dapat dilakukan adalah seperti membersihkan dan menutup genangan air, menutup bak penampungan air, membersihkan pekarangan rumah, dan lain-lain

  1. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Tidur merupakan waktu bagi tubuh untuk memulihkan seluruh sistem organ agar dapat berfungsi secara maksimal kembali pada hari esok. Anjuran tidur bagi orang dewasa adalah 7-9 jam setiap hari.

  1. Aktivitas fisik

Melakukan aktivitas fisik secara rutin dapat membuat tubuh menjadi bugar, meningkatkan kekuatan otot, mengurangi stress, tidur lebih nyenyak, meningkatkan daya tahan tubuh dan lain-lain.

 

Kesehatan adalah harta yang sangat berharga yang harus selalu kita jaga. Oleh karena itu selalu jaga Kesehatan ya sahabat pugasa.. tingkatkan proteksi terhadap berbagai penyakit saat memasuki musim hujan serta jangan lupa pandemi belum berakhir, oleh karenanya selalu terapkan prokol Kesehatan dimanapun berada ya..

Salam sehat sahabat Pugasa….!!

 

Edited by Imas. R

Open Chat
Semangat Pagi
Chat akan di balas pada jam kerja terimaksih