Bersama-sama kita cegah Penyebaran Covid-19

Virus Corona (Covid-19) merupakan virus yang termasuk keluarga besar virus SARS and MERS, yang mana virus Covid-19 ini pertama kali diidentifikasi di Kota Wuhan China pada Desember 2019 lalu.  Virus corona menyebabkan infeksi saluran pernapasan hingga menyebabkan kematian telah menjadi Pandemi. Bermula dari China lalu ke Negara tetangganya, kemudian semakin meluas ke seluruh Dunia. Virus ini tidak melihat Negara apa, siapa dan kapan akan menyerang dan menimbulkan kesakitan. Untuk itu perlu dilakukan upaya pencegahan penyebaran covid-19, dengan cara meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat diantaranya adalah:

  1. Sering mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun, mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun lebih efektif karena kuman akan mati dan larut bersama air
  1. Mengkonsumsi gizi seimbang dengan memperbanyak buah dan sayur, sehingga imunitas tubuh tetap terjaga
  2. Rajin olahraga dan istirahat yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuh
  3. Gunakan masker bila batuk atau pilek
  4. Bila batuk, pilek dan sesak nafas segera periksakan ke fasilitas kesehatan
  5. Hati-hati kontak dengan hewan, setelah berkontak dengan hewan segera cuci pakaian dan mandi
  6. Gunakan etika batuk yang benar dengan cara batuk kearah pergelangan tangan bagian dalam atau menggunakan tisu

Selain yang tersebut diatas, langkah lain pencegahan covid 19 ini adalah dengan tidak bepergian atau tetap tinggal di rumah, mengurangi kegiatan yang bersifat mengumpulkan orang banyak (keramaian/kerumunan), menjaga jarak dengan orang lain (social distancing), melakukan desinfeksi secara mandiri

Seluruh lapisan masyarakat harus berusaha bersama-sama untuk menghentikan Penyebaran penularan Covid-19 dengan melaksanakan instruksi/himbauan dari Pemerintah dan Bidang Kesehatan untuk selalu melakukan upaya preventif sebagaimana yang telah disebutkan diatas.

Kita semua adalah sama, sama-sama menginginkan kesehatan yang paripurna, ingin melakukan aktivitas sebagaimana biasanya, ingin terbebas dari corona yang menghantui dimana-mana. Mari, kita bersatu melawan Corona dengan memutus rantai penularannya.

Salam Sehat, Sahabat Pugasa…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *