Dampak bila terlalu sering minum teh

Teh merupakan minuman yang dapat kita jumpai di restoran manapun di Indonesia. Banyak orang menggemari teh karena rasanya yang enak dan bau yang wangi memberi efek nyaman. Kebiasaan mengonsumsi teh setelah makan adalah kebiasaan yang sudah ada sejak lama. Namun apakah sahabat tau apa yang terjadi saat kita sering mengkonsumsi teh?

Keseringan minum teh dapat memberikan beberapa dampak kesehatan yang tidak baik, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Anemia

Teh mengandung zat bernama tannin yang dapat menghambat penyerapan zat besi. Jika terlalu sering minum teh dapat membuat tubuh kekurangan zat besi sehingga menyebabkan anemia.

  • Dehidrasi

Senyawa yang terkandung di dalam teh bersifat diuretik, yang mana dapat menyerap dan mengikat cairan-cairan di dalam tubuh. Hal ini dapat memicu dehidrasi, sehingga menyebabkan tubuh mudah lelah

  • Konstipasi

Senyawa teh yang menyebabkan dehidrasi dapat berujung pada konstipasi dan menimbulkan masalah pencernaan

  • Kanker prostat

Dampak mengerikan lain jika mengkonsumsi teh secara berlebihan. Penelitian menunjukkan pada pria yang sangat sering mengkonsumsi the memiliki risiko tinggi terkena kanker prostat

  • Gangguan Kardiovaskuler

Kafein yang terdapat di dalam teh tidak baik untuk system kardiovaskuler sehingga dapat menimbulkan gangguan fungsinya

  • Menaikkan kadar gula darah

Jika mengkonsumsi teh manis terlalu sering dapat menyebabkan naiknya kadar gula darah. Oleh karena itu harus diimbangi konsumsi makanan lainnya.

Konsumsi teh secara berlebihan memberikan beberapa dampak kesehatan, alangkah lebih baiknya sahabat Pugasa membatas konsumsi teh dan konsumsilah makanan yang beragam dan seimbang.

sehat selalu, sahabat Pugasa…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *