Tips Untuk Ikut Memutus Rantai Penyebaran Covid-19

Dewasa ini, Indonesia sedang menghadapi Pandemi virus Covid-19 atau yang biasa dikenal sebagai virus corona. Sudah ditemukan kasus Positif di 34 propinsi yang ada di Indonesia. Hingga hari ini 13/4/2020 tercatat sudah 4.241 kasus Positif dengan 359 kasus sembuh dan 373 kasus meninggal. Beberapa wilayah dengan infeksi terbanyak sudah mulai menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Lalu bagaimana peran kita menghadapi pandemi ini?

Jangan panik dan tetap waspada, itulah salah 1 hal yang kami tekankan kepada masyarakat baik di wilayah Ambarketawang ataupun Balecatur. Selain itu, Puskesmas juga telah melakukan skrining awal suhu dan cuci tangan dengan sabun sebelum masuk ke Puskesmas. Selain itu kami mengharapkan sahabat Pugasa dimanapun berada untuk :

  1. Tidak berkunjung ke Fasilitas Kesehatan jika tidak dalam keadaan emergency/darurat. Kenapa? Karena faskes itu jadi tujuan orang sakit untuk berobat, banyak virus di dalamnya, kami harap jika masih bisa diobati dengan obat yang dijual resmi, silakan sahabat Pugasa melakukan terapi tersebut untuk mengurangi penyebaran virus.
  2. Kurangi bepergian jika tidak benar-benar diperlukan. Nah, bagi sahabat Pugasa yang terpaksa untuk pergi misal membeli kebutuhan pokok, periksa di fasilitas Kesehatan atau yang masih harus bekerja, silakan menggunakan masker. Masker yang digunakan cukup masker kain dengan 3 lapisan, jika baru 2 lapisan bisa ditambahkan dengan tisu jangan lupa juga untuk cuci masker setiap hari habis digunakan.
  3. Kelola stress dan makan gizi seimbang. Ini poin penting sahabat Pugasa, karena dengan inilah imunitas tubuh kita selalu terjaga. Selalu berpikir positif dan silakan sebarkan berita mengenai kesembuhan virus corona agar semua yang sakit bisa semangat sembuh, dan saudara kita yang lain tidak semakin stress dengan pandemic yang terjadi.
  4. Rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Mungkin sahabat Pugasa inget kemarin heboh handsanitaizer harganya melambung? Sebenernya boleh saja sih kalian pakai handsanitaizer syaratnya jika jauh dari sumber air. Kalua misal ada sarana cuci tangan, lebih dianjurkan cuci tangan saja ya.
  5. Menggunakan masker, sahabat Pugasa untuk melindungi diri dari penularan virus corona salah satunya adalah menggunakan masker. Menurut penelitian dengan menggunakan masker kita bisa menekan hingga 70% angka penularan lho.
  6. Stay at home atau dirumah saja. Untuk sahabat Pugasa yang masih sekolah/kuliah/kerja dan bisa dilakukan dari rumah, jangan disiakan ya kesempatannya. Silakan kalian bisa bekerja atau belajar dari rumah. Sehingga bisa meminimalkan kontak fisik juga jika bertemu dengan orang di keramaian.
  7. Lakukan kegiatan yang bermanfaat. Kalian bisa memasak, melukis, ataupun nge-vlog kegiatan kalian selama WFH atau untuk kepentingan sekolah. Lakukan juga hobi kalian yang masih bisa dijangkau atau dilakukan dirumah ya.
  8. Berdoa, tidak kalah penting dari yang lain adalah berdoa. Semoga semua orang diberi Kesehatan, perlindungan dan pandemic ini bisa berakhir menyerang Indonesia.

Nah itu beberapa tips dari kami ya sahabat Pugasa, semoga bisa jadi referensi apa saja yang bisa kita lakukan untuk ikut berperang melawan Covid-19. Karena garda terdepan adalah KITA. Sedangkan kami sebagai petugas Kesehatan adalah rekan kalian agar bisa sehat dan sembuh Kembali.

Salam sehat sahabat Pugasa.

By. Icha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *