MENGENAL LEBIH DEKAT, GERMAS

         Germas adalah suatu kebijakan pemerintah yang di kemas dalam bentuk kegiatan terpadu dan terkonsep yang harus dilakukan oleh seluruh elemen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat demi meningkatkan kualitas hidup.
Germas merupakan kependekan dari gerakan masyarakat sehat yang diluncurkan tahun 2016 sebagai salah satu kebijakan kementrian kesehatan untuk meningkatkan akselerasi pembangunan kesehatan. Selama ini masalah kesehatan muncul akibat dari perilaku hidup yang tidak sehat dan sanitasi lingkungan serta air bersih yang kurang memadai, karena itu Germas hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Tujuan Germas (Gerakan Masyarakat Sehat)

Secara umum, ada 4 tujuan Germas (gerakan masyarakat sehat) yang diharapkan bisa tercapai dan mampu meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat, diantaranya:

  • Menurunkan beban penyakit
  • Meningkatkan produktivitas penduduk
  • Menurunkan beban biaya pelayanan kesehatan
  • Menguatkan sistem kesehatan melalui pendekatan siklus hidup, jaminan kesehatan nasional dan pemerataan layanan kesehatan.

Namun, secara khusus Germas bertujuan menurunkan resiko penyakit menular dan tidak menular dengan cara pemberian gizi 1000 hari pertama kehidupan, perbaikan pola konsumsi gizi seimbang, meningkatkan aktivitas fisik, meningkatkan pola hidup sehat, menjaga lingkungan sehat dan menghindari konsumsi rokok dan alkohol.

7 Pola Kegiatan Germas Agar Kualitas Hidup Sehat Meningkat

Menurut Mentri Kesehatan RI, Prof. dr. Nila F Moeloek, Sp.M(K) pada pembukaan rapat kerja kesehatan nasional (Rakerkesnas) 2016, Germas dimulai dengan 3 fokus kegiatan yaitu meningkatkan aktivitas fisik, konsumsi buah dan sayur dan deteksi dini penyakit tidak menular (PTM).
Namun untuk lebih mensukseskan tujuan gerakan masyarakat sehat dan meningkatkan kebiasan pola hidup sehat, ada 4 kegiatan tambahan yang bisa dilakukan yaitu membersihkan lingkungan, menjaga jamban sehat, tidak merokok dan tidak mengkonsumsi alkohol. Jadi setidaknya ada 7 pola kegiatan yang harus dilaksanakan masyarakat setiap hari agar kualitas hidup sehat meningkat.

Penerapan GERMAS di lingkungan kerja seperti Puskesmas Gamping 1 dapat melalui hal yang sederhana seperti senam sehat jumat pagi, senam peregangan, pembelian konsumsi kegiatan yang diharuskan terdapat sayur dan buah, kebersihan lingkungan kerja, serta perilaku PHBS di lingkungan kerja. Sosialisasi GERMAS oleh Tim Puskesmas baik dari KIA, Gizi, Kesling, Promkes, P2 PTM terus digencarkan di masyarakat. Baik melalui pertemuan dengan kader atau saat ada kegiatan lapangan. Hal ini dilakukan untuk semakin menekan angka kejadian penderita penyakit menular maupun penyakit tidak Menular di wilayah kerja Puskesmas Gamping 1. (promkesgamping1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *