MENJAGA KESEHATAN DI BULAN SUCI RAMADHAN

Menghitung hari, bulan Ramadhan sebentar lagi tiba. Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang khusus bagi umat muslim di seluruh dunia. Semua umat muslim akan menunaikan ibadah puasa yang mana merupakan rukun islam yang ketiga.

Selama bulan Ramadhan pola konsumsi menjadi berbeda dibandingkan biasanya. Biasanya tidak ada Batasan waktu untuk makan dan minum. Saat bulan puasa makan dan minum hanya diperbolehkan setelah waktu berbuka hingga sahur. Oleh karena itu, menjaga kesehatan selama bulan puasa sangat penting.

Ayo kita jaga kesehatan selama bulan suci Ramadhan dengan melakukan langkah-langkah berikut :

  1. Berhenti Merokok

Merokok dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, baik masalah kesehatan pada organ dalam seperti jantung, paru-paru, hati juga berdampak pada organ lainnya. Pada saat puasa, tubuh mengalami proses pengeluaran racun tubuh (detoksifikasi) termasuk pengeluaran nikotin. jika tetap merokok, maka nikotin yang dikeluarkan akan digantikan oleh nikotin yang baru. Bulan puasa bisa menjadi moment yang tepat untuk seseorang yang ingin mulai berhenti merokok karena sudah menahan untuk tidak merokok di siang hari selama berpuasa.

  1. Minum air minimal 8 gelas setiap hari

Saat bulan puasa tubuh hanya mendapatkan asupan air setelah berbuka baik dari air minum ataupun buah-buahan. Oleh karena itu, minumlah air minimal 8 gelas atau lebih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh harian.

  1. Mengkonsumsi makanan bergizi

Makanan yang dikonsumsi saat puasa tidak ada bedanya dengan makanan yang dikonsumsi saat hari biasa yaitu makanan yang mengandung lima unsur gizi lengkap yakni makanan yang mengandung cukup protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral serta zat-zat gizi lainnya yang terkandung dalam makanan.

     4. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting pada saat puasa karena rongga mulut cenderung kering karena tidak ada makanan dan minuman yang dikonsumsi seharian, aktivitas air liur juga cenderung berkurang dan membuat netralisasi senyawa sulfur di dalam mulut menjadi tidak maksimal dan menyebabkan bau mulut. Oleh karena itu, tetap dianjurkan menyikat gigi dua kali yaitu setelah menyantap hidangan sahur dan sebelum tidur.

     5. Konsumsi buah dan sayuran

Perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayuran saat berbuka atau sahur, karena makanan yang berserat dapat melancarkan fungsi system percernaan dan dapat mencegah dehidrasi tubuh (sayur dan buah memiliki kandungan air yang cukup tinggi) serta bermanfaat untuk menahan rasa lapar lebih lama.

  1. Melakukan aktivitas fisik ringan

Aktivitas fisik seperti olahraga ringan diperlukan saat puasa karena bermanfaat untuk membantu sirkulasi kerja oksigen yang mengalir di dalam tubuh sehingga kebugaran tubuh dapat terjaga.

 

Kedatangan bulan suci yang penuh berkah ini hendaknya menjadi momen agar menjadikan diri lebih baik. Jadi, mari kita jaga kesehatan selama bulan suci Ramadhan agar dapat mengikuti rangkaian ibadah dengan baik serta kesehatan yang tetap terjaga.

Salam sehat !

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *