PENTINGNYA POLA MAKAN SEHAT SAAT LEBARAN

Tidak terasa hari Raya Idul Fitri sudah semakin dekat, sahabat PUGASA apakah sudah mempersiapkan acara dan hidangan yang akan disajikan saat lebaran? Jika sudah mari sebentar kita belajar tentang pola makan yang sehat selama lebaran.

Lebaran adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh semua umat terutama Muslim sebagai hari kemenangan dan waktu yang tepat untuk berkumpul dengan sanak keluarga dan pasti dengan acara makan Bersama yang tidak akan terlewatkan. Makanan yang biasa disajikan identic dengan santan, makanan manis dan berlemak seperti soda, sirup, opor, rendang, sambal goreng, gulai dan sebagainya.  Jenis makanan tersebut adalah makanan yang dapat memicu Penyakit Tidak Menular seperti Diabetes Melitus, Kolesterol, Hipertensi dan asam urat.

Berikut ada beberpa Tips yang dapat sahabat PUGASA gunakan untuk menjaga pola makan dan kondisi badan tetap fit selama lebaran :

  1. Jangan lupa makan sayuran dan buah

Jangan lupa untuk selalu mengambil menu sayuran dengan porsi yang lebih banyak daripada porsi lauk berlemak dan karbohidrat.  Sayuran dan buah akan sangat membantu tubuh untuk mencerna makanan dan memberikan vitamin yang baik agar tubuh tidak mudah lelah dan tidak mengalami obesitas.

  1. Menjaga porsi makan

Kebiasaan orang Indonesia adalah tidak enak saat ditawari makanan tetapi tidak dimakan. Sahabat PUGASA harus menjaga porsi sekaligus waktu makan seperti biasa yaitu sehari 3kali dengan 2 kali cemilan ringan. Jangan mengambil berlebihan karena akan menghambat pencernaan makanan dan penyerapan nutrisi.

  1. Jangan lapar mata

Jangan lapar mata yang artinya makananlah sesuai kebutuhan. Memang benar persediaan makanan dirumah sangat banyak, tetapi kita harus mengkontrol untuk mengambil yang benar-benar dibutuhkan saja. Semisal tadi sudah makan berlemak, sekarang ambillah makanan yang mengandung sayur atau buah saja.

  1. Kurangi atau batasi mengkonsumsi hidangan berlemak

Makanan berlemak dan bersantan akan sangat mudah menaikkan kolesterol dan Trigliserid. Jangan terlalu banyak, batasi porsinya dan imbangi dengan makanan berserat.

  1. Kurangi atau batasi mengkonsumsi makanan manis

Makanan atau minuman seperti sirup itu mengandung 53kal dan 10gr gula. Soda juga menggunakan pemanis buatan. Jika konsumsi terlalu banyak maka soda akan membuat asam lambung naik, kadar gula darah tidak stabil dan obesitas.

  1. Perbanyak minum air putih

Air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat lancarnya sirkulasi peredaran oksigen, rehidrasi tubuh dan baik untuk kesehatan kulit. Konsumsilah air putih minimal 1,5 liter setiap hari.

 

edited by : Radicha NW (Promkes Gamping1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *