Si Manis Berbahaya

Si Manis yang selalu ada di rak atau lemari dapur. Yap, Gula. Gula merupakan komponen penting dalam kehidupan, karena gula merupakan salah satu sumber energi yang dibutuhkan manusia. Gula terdiri dari berbagai jenis seperti glukosa, fruktosa (pemanis pada buah dan madu), galaktosa (terdapat dalam susu dan produk olahan susu), laktosa (pemanis dalam susu), sukrosa (gula sering dipakai untuk tambahan the/kopi/masak) dan maltosa (terdapat dalam sereal,pasta, kentang).

Namun gula yang dibutuhkan hanya sedikit yaitu tidak lebih dari 50 gram (4 sendok makan) setiap harinya. Jika konsumsi gula berlebihan, dapat menyebabkan obesitas dan memicu diabetes tipe 2.

Gula bisa kita dapatkan secara alami dari buah buahan segar seperti mangga, apel, jeruk, anggur, dan lain-lain sehingga tubuh tidak lagi membutuhkan tambahan gula.

Batasan konsumsi gula, garam, dan lemak yang disarankan Kementerian Kesehatan per orang per hari adalah: Gula tidak lebih dari 50 gr (4 sendok makan); Garam tidak melebihi 2000 mg natrium/sodium atau 5 gr (1 sendok teh), dan untuk lemak hanya 67 gr (5 sendok makan minyak).

Berikut ini beberapa contoh dampak konsumsi gula berlebih pada tubuh kita :

  • Obesitas

Penelitian menyebutkan konsumsi gula yang berlebih menyebabkan sel lemak visceral menjadi matang sehingga memicu peningkatan lemak di perut. Obesitas menjadi penyakit akibat gula yang bisa menjadi memicu berbagai penyakit kronis.

  • Diabetes

Konsumsi gula berlebih menyebabkan tingginya kadar gula dalam darah yang akan mempengaruhi kerja insulin/ insulin tidak bekerja optimal, akibatnya gula darah menumpuk dalam tubuh

  • Tekanan darah tinggi

Kadar gula yang tinggi dalam darah menyebabkan darah lebih kental sehingga butuh tekanan yang tinggi agar aliran darah bisa normal

  • Kerusakan gigi

Konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan munculnya plak dan dapat berujung pada gigi berlubang

Konsumsilah gula sesuai dengan kebutuhan tubuh agar metabolisme tubuh berjalan baik. Gula dapat diperoleh secara alami dari buah-buahan segar yang ada disekitar. Mari konsumsi sayur dan buah lokal

Salam sehat sahabat PUGASA……..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *