Survey Mawas Diri Puskesmas Gamping 1

Definisi Survei Mawas Diri atau disingkat SMD adalah kegiatan pengenalan, pengumpulan dan pengkajian masalah kesehatan yang dilakukan oleh kader dan tokoh masyarakat setempat dibawah bimbingan petugas kesehatan atau perawat di desa. (Depkes RI, 2007)

Kegiatan SMD di Puskesmas Gamping 1 dilakukan 2 kali dikarenakan terdapat 2 desa binaan yaitu desa Ambarketawang dan Balecatur. Kegiatan ini melibatkan kepala desa, kepala dusun, petugas Kecamatan Gamping, Koramil, Kapolsek, KUA dan juga kader kesehatan sebagai tangan kanan puskesmas dalam melakukan pelayanan kesehatan di masyarakat. Dalam pelaksanaan survey menggunakan instrument yang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan Puskesmas yang juga akan diisi oleh masyarakat umum sebagai sarana untuk mengetahui kebutuhan masyarakat tentang kesehatan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada bulan November tahun 2019 di Aula Puskesmas gamping 1, dipimpin oleh coordinator UKM Puskesmas Gamping 1 dan tim promkes. Setelah kegiatan survey ini berakhir, maka semua data yang diperoleh akan diolah untuk dipaparkan kembali kepada lintas sector dan juga lintas program dalam pertemuan MMD (Musyawarah Masyarakat Desa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *