Jangan abaikan sayur dan buah dalam menu anda

Pendahuluan

Perkembangn urbanisasi, globalisasi, dan industrialisasi mempengaruhi gaya hidup sebagian masyarakat Indonesia untuk cenderung menyenangi makanan santap ala barat. Misalnya Hot dog, Pizza, Hamburger, Fried Chicken dan lain lain. Makanan siap santap ini mempunyai kandungan lemak dan garam yang   tinggi tetapi rendah serat makanan (Food fiber) .

Bukan maksud merendahkan makanan cepat saji (Fast food)  seperti contoh di atas, untuk sesekali bolehlah mencicipi jenis makanan tersebut untuk memperkaya apresiasi di bidang kuliner tetapi untuk menjadikan referensi menu keluarga sehari hari anda harus berpikir ulang.

Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) sebagai “Nutritional Guidelines” konsumsi makanan atau menu sehari hari di Indonesia, mengisyaratkan konsumsi sayuran dan buah per hari untuk orang dewasa adalah sebagai berikut

 

Jenis Porsi Berat (Gr) Ketr
Sayuran 2-3 100 1 gls stl dimsk tanpa kuah

 

Buah 3-5 50

100

75

  1 bh Psg ambon sdg

2 bh Jeruk sdg

1 bh Apel sdg

Semua jenis sayur sayuran dan buah buahan mengandung berbagai Vitamin dan Mineral yang berperan untuk melancarkan bekerjanya fungsi fungsi organ tubuh atau dengan kata lain sebagai sumber zat pengatur. Beberapa referensi menyebutkan Zat zat Gizi yang ada dalam kandungan sayur dan buah juga berfungsi sebagai Anti oksidan yang berperan sebagai penangkal Radikal bebas (penyebab kanker & penuaan dini). Oleh sebab itu kita dapat membandingkan teman teman di sekitar kita, bagi mereka yang suka sayur dan buah kulit dan wajah terlihat halus dan berseri seri tetapi mereka yang tidak atau kurang suka sayur dan buah biasanya kulit dan wajah tampak kusam kurang bercahaya, tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Pilih mana ? jawaban ada di tangan anda …

Manfaat di balik sayur dan buah

Sampai saat ini belum ada alasan / penyebab yang pasti mengapa seseorang kurang atau tidak suka sayur dan buah , alasan dan jawaban yang pasti hanya bisa didengar dari mulut yang bersangkutan yang terkadang sulit dinalar.

Penulis sering mendengar keluhan dari klien yang berkunjung pada bagian Konsultasi Gizi, mereka mengeluhkan bahwa anaknya sangat sulit makan atau tidak suka sayur dan buah. Hal ini sangat merugikan bagi pertumbuhan dan perkembangan Sang anak.

Berbagai Vitamin & Mineral  yang terdapat dalam Sayur & Buah berfungsi sebagai zat pengatur dalam tubuh seseorang. Ingat !!! Vitamin tidak dapat diproduksi oleh tubuh tetapi harus disuplai dari makanan.

Manfaat Sayur dan buah bagi seseorang antara lain sbb :

  1. Jika anda atau  anak anda mengalami sulit BAB, maka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pepaya 2-3 ptg dalam sehari, serta minum air putih yang cukup dan OR teratur. Tanpa penggunaan obat obatan yang menyesatkan dijamin BAB teratur dan membuat perut anda  plong.
  2. Untuk mendapatkan kulit yang halus dan lembut terutama bagi kaum wanita mutlak harus mengkonsumsi sayur dan buah, sebab vitamin E yang ada mempercepat proses peremajaan kulit yang mati.
  3. Vitamin A yang terdapat dalam Sayuran dan buah berwarna tua ( Bayam, Sawi ijo, Wortel, Tomat, Pepaya, Labu kuning dll) berfungsi menjaga kesehatan mata, sehingga mata anak anda tampak bersih, bening dan bercahaya.
  4. Kalsium, Zat besi (Fe) diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi serta pencegah Anemia/kurang darah.

Begitu banyak manfaat sayur dan buah yang tidak cukup diuraikan di sini….masihkah anda atau anak anda tidak menyukainya ? Suka lah yauw…

Sayur dan buah tidak hanya dimakan tapi juga diminum

Di negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia minum jus sayur & buah tiap hari sudah menjadi suatu kebiasaan dan kebutuhan bagi masyarakatnya.

Cara alternatif seperti itu patut dicoba pada seseorang yang kurang / tidak suka sayur dan buah dalam bentuk utuh . Dapat juga di potong kecil kecil bentuk dadu dibentuk seperti sate sehingga anak tertarik untuk mencobanya. Beberapa referensi menyebutkan bahwa sebagian vitamin dan mineral lebih mudah diserap / dimetabolisma tubuh dalam bentuk jus.

Tidak salah lagi peluang ini ditangkap bagi mereka yang punya naluri bisnis tajam untuk memproduksi sari buah / jus dalam kemasan terutama produsen import. Produksi mereka membanjiri pasar lokal tetapi apa benar jus itu berasal dari buah dan sayur beneran ? hanya mereka yang tahu.. sebab saat ini sari buah sintetis (Essens) sudah dapat meniru aroma dan rasa buah yang ada di muka bumi ini…hebat bukan ?..

Jaminan yang pasti aman adalah jika kita membuat sendiri jus sayur atau buah dari produksi / varitas lokal. Bagaimana produsen dalam negeri ? tidakkah anda menangkap peluang bisnis  menggiurkan ini ?

Tibalah saatnya Salak pondoh / madu dari Turi. Jeruk, Sawi, Wortel dan Tomat dari Cangkringan. Rambutan dan Pepaya dari Moyudan berperan dalam arena ini…Tinggal kita sebagai konsumen demi Gizi dan kesehatan memanfaatkannya. Saya mau!!!…Anda ??? ( Harus mau !!!demi kesehatan dan kejayaan petani kita).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *